Tips Memperbaiki Furniture Berbahan Kayu MDF

Perbaot Atau Furniture Kayu MDF

Saat ini Furnitur yang terbuat dari material kayu partikel atau MDF board menjadi pilihan karena harganya yang relatif murah namun perabot dari kayu MDF tidak tahan lama untuk penggunaan jangka panjang.

Material kayu MDF yang terbuat dari serbuk kayu ini memang rentan mengalami kerusakan, misalnya mengelupas pada salah satu sisinya. Kerusakan ini terbilang wajar, dan bisa diperbaiki hanya dengan beberapa langkah mudah.

Jadi sebelum berniat membeli perabot baru untuk mengganti perabot kayu MDF yang mulai rusak, yuk coba beberapa cara memperbaikinya seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Furnitur yang terbuat dari papan kayu partikel sangat mudah mengelupas ketika bersentuhan dengan suhu yang tinggi.
Memperbaiki Retak dan Pengelupasan

Furnitur yang terbuat dari papan kayu partikel sangat mudah mengelupas ketika bersentuhan dengan suhu yang tinggi. Anda bisa merekatkannya kembali menggunakan lem kayu dan diamkan hingga mengering.

Sementara itu permukaan MDF board juga mudah retak apabila membentur benda berat. Anda bisa memperbaiki kerusakan ini dengan filler atau isian partikel kayu (bisa dibeli di toko bahan bangunan). Aplikasikan isi partikel kayu atau filler di permukaan retakan dengan pisau khusus, pulas bolak balik hingga rata dan halus. Diamkan beberapa jam sampai semalam hingga mengering.

Mengecat Ulang

Anda bisa mengecat ulang permukaan kayu MDF ketika sudah nampak kusam, atau membosankan. Sebelum mengecat, pulas permukaan kayu dengan cat primer. Gunakan primer berwarna abu-abu jika ingin mengecat furnitur dengan warna gelap.

(Simak juga: Puluhan pilihan hunian dengan harga terjangkau di bawah Rp200 jutaan)

Sementara itu, gunakan primer berwarna putih untuk mengecat dengan pilihan warna cerah. Biarkan cat primer mengering sebelum memulas dengan warna cat yang Anda inginkan. Anda bisa mengulang lapisan cat sesuai dengan selera untuk mencapai hasil maksimal.

Menghilangkan Noda Cair

Ketika elemen cair menembus permukaan particle board untuk jangka waktu yang lama, maka bisa meninggalkan noda permanen dengan membentuk cekungan di permukaannya. Anda bisa memperbaikinya dengan menambah filler partikel kayu.

Meski demikian untuk kerusakan yang signifikan, kayu tersebut mungkin perlu diganti dengan yang baru. Anda bisa memperhitungkan apakah biaya perbaikan masih relevan jika dibandingkan dengan harga furnitur biaya yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *